Laman

Minggu, 05 September 2010

APA ITU RADIATOR...?????

Info Radiator:
Radiator adalah suatu alat yang berfungsi mendinginkan mesin mobil. sedangkan air radiator berfungsi sebagai perantara yang menyerap panas serta mendinginkan mesin mobil, lihat gambar:



Air mengalir dari radiator dengan menggunakan pompa air menuju mesin (yang berwarna biru) dan menyerap panas mesin mobil menuju kembali ke radiator untuk didinginkan ( yang berwarna merah)  dan begitu seterusnya.
Pada perkembangannya ternyata air yang digunakan pada radiator (biasanya air ledeng biasa) ternyata berpotensi menyebabkan korosi pada metal radiator yang di akibatkan oleh kandungan ion chlorid, Hidrogen dan oksigen. oleh sebab itu dicarilah  cara pencegahannya yaitu dengan menggunakan inhibitor yang berfungsi melapisi metal dari serangan korosi. 
Bahan utama radiator ada beberapa jenis, diantaranya:
  • Stainless Steel
Bahan ini banyak digunakan pada mobil-mobil kelas atas berhubung harganya cukup mahal, karena sesuai dengan sifat bahannya yang sangat baik untuk menghantar panas. Kerusakan yang sering terjadi pada jenis metal ini adalah : Pitting Corrosion (keretakan) yang diakibatkan oleh suhu tinggi dan disertai dengan kehadiran ion khlorida dan khlorin pada air radiator.
  • Alumunium, Kuningan, Tembaga. dan Besi
Logam-logam  ini sangat rentan terhadap bentuk-bentuk  korosi, dan paduan yang mengandung logam-logam ini yang ketahanannya terhadap korosi tergantung pada selaput pasif yang terdiri dari oksida/hidroksida
Dengan demikian logam-logam ini sangat rentan terhadap serangan korosi sumuran (liner pitting) dalam lingkungan yang mengandung ion agresif khususnya yang mengandung anion CL- , Br atau SCN. Korosi Sumuran yang terbentuk biasanya tumbuh mengikuti arah gravitasi dan membutuhkan waktu yang cukup lama sebelum korosi sumuran dapat terlihat. dan bila bentuk korosinya sudah terlihat proses korosinya akan berlangsung selalu dengan peningkatan laju korosi di dalam sumuran.
TABEL Anion-anion Agresif yang menyebabkan Korosi Sumuran 
LOGAM / PADUAN Anion Agresif
Besi CL-
  Br-
  I-
  ClO4-
  SO4
Baja Tahan Karat CL-
  Br-
  SCN-
Alumunium CL-
  Br-
  I-
  ClO4-
  NO3-
  SCN-
Selain itu logam-logam jenis ini sangat rentan terhadap serangan korosi erosi (Cavitation Errosion) yang mana permukaan logam yang lemah terhadap serangan korosi ini. 
Penyebab utama kerusakan pada cooling system adalah kegagalan material akibat korosi sehingga mesin mobil akan mengalami over heating.
oleh karena itu sangat di anjurkan menggunakan inhibitor atau radiator coolant yang tepat. agar terhindar dari masalah overheating pada mesin mobil. Thanks a lot for alamanda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar