Laman

Senin, 06 September 2010

PERAWATAN RADIATOR

Salah satu hal yang terpenting yang sering dilupakan oleh para pemilik mobil adalah Pentingnya merawat Radiator mobil. Banyak persepsi (anggapan) yang salah yang beredar di masyarakat pencinta otomotif kita yang malah membingungkan dan menyesatkan. beberapa diantaranya adalah sbb:
1. Perawatan radiator tidak penting, berbeda dengan perawatan mesin mobil?
2. Anggapan bahwa pemakaian radiator coolant malah mengakibatkan kerusakan pada radiator mobil?
3. Anggapan bahwa radiator coolant yang baik ialah radiator coolant yang mampu menaikan titik didih?
4. Bagaimana memilih Radiator Coolant yang baik ?
Mari kita bahas satu persatu: 
1. Perawatan radiator tidak  penting, berbeda dengan perawatan mesin mobil?.

Persepsi ini jelas salah besar. Jika radiator mobil anda mengalami kerusakan seperti kerak dan karat akibat dari ketidaktahuan pemilik mobil yang selalu beranggapan menggunakan air ledeng biasa sudah cukup,  maka akan terjadi proses karat yang cepat dan akan ada penumpukan panas, yang artinya panas yang keluar dari metal/besi radiator tertahan di kerak dan karat. logikanya jika radiator anda mengalami overheating (kepanasan) maka mesin mobil anda juga akan mengalami hal yang sama dan kemungkinan merembet ke bagian lain mobil. oleh karena itu rawatlah radiator mobil anda dengan baik dan benar.
2. Anggapan bahwa pemakaian radiator coolant malah mengakibatkan kerusakan pada radiator mobil?.
Anggapan ini ternyata banyak ditemui di masyarakat pencinta otomotif kita, Penggunaan radiator coolant yang tepat tidak mengakibatkan kerusakan pada radiator mobil. Oleh sebab itu sangat dianjurkan kepada pemilik mobil untuk hati-hati meneliti kandungan dari radiator coolant yang akan dibeli. Penggunaan air ledeng biasa akan mengakibatkan karat pada radiator mobil anda. sebab pada air ledeng biasa mengandung ion chlorid yang dapat mempercepat proses karat pada radiator.
Seperti yang sudah disebut di atas bahwa kerusakan yang sering terjadi pada radiator mobil adalah Overheating yang disebabkan oleh kerak dan karat, oleh karena itu sangat dianjurkan untuk menggunakan Radiator Coolant yang dicampur dengan air suling (H2O) sebagai pengisi radiator mobil anda. sebab air suling tidak mengandung mineral seperti Ion Chlorid (sumber utama timbulnya karat).
3. Anggapan bahwa radiator coolant yang baik ialah radiator coolant yang mampu menaikan titik didih?
Seringnya kami menemui pernyataan ini di tabloit atau website di internet. anggapan ini ada benarnya secara logika yaitu disaat cuaca panas dan macet di jalan sering kita mengalami masalah pada ac mobil yang tiba-tiba tidak dingin lagi (panas), hal ini disebabkan karena mesin mobil anda mengalami overheating (kepanasan), maka kita cepat menyimpulkan bahwa lebih baik menggunakan radiator coolant yang sifat dasarnya  dapat menaikan titik didihnya.
Seperti kita ketahui bahwa air biasa mendidih pada 100 derajat celcius, dan banyak radiator coolant yang beredar di pasaran yang selalu mempromosikan bahwa produknya dapat menaikan titik didihnya sampai di atas 100 derajat celcius. Jadi air radiator tidak akan mendidih dalam suhu 100 derajat celcius, maka air tidak akan cepat menguap.
Perlu kita ketahui dahulu bahwa bahan kimia yang mereka pergunakan untuk menaikkan titik didih tersebut adalah Ethylene Glycol. Bahan tersebut mempunyai efek samping yaitu dapat menimbulkan kerak pada radiator mobil untuk pemakaian dalam jangka waktu lama. hal inilah yang tidak dijelaskan kepada para pemilik mobil. memang radiator coolant tersebut tidak akan mendidih dalam suhu 100 derajat celcius dan tidak akan cepat menguap serta mesin mobil anda menjadi lebih dingin, tetapi resiko yang anda harus hadapi adalah penumpukan kerak pada radiator mobil anda.
cobalah lakukan beberapa test kecil ,  jika mobil anda sudah menggunakan radiator coolant yang mengklaim dapat menaikkan titik didih di atas 100 derajat celcius selama 1 tahun,  bawa dan periksalah  radiator anda di bengkel service radiator, perhatikan bahwa akan banyak kerak yang menumpuk pada kisi-kisi radiator anda. Hal ini membuktikan bahwa pemakaian radiator coolant yang dapat menaikan titik didih dapat menimbulkan kerak pada radiator anda

Sebenarnya untuk mobil baru tidak akan pernah mengalami overheating. karena radiator masih bagus dan sehat (belum terkontaminasi dengan kerak dan karat), Jadi persepsi yang baik dan benar adalah menyehatkan lebih baik daripada memperbaikinya. 
4. Bagaimana memilih Radiator Coolant yang baik ?
Radiator Coolant yang baik ialah Radiator Coolant yang tidak menyebabkan kerak dan karat pada radiator serta tidak bereaksi terhadap bahan yang terbuat dari karet. Hampir semua produk Radiator Coolant yang beredar di pasaran telah mempunyai anti karat,  tetapi banyak juga radiator coolant yang dapat menimbulkan kerak pada radiator hal ini disebabkan karena kandungan Ethylene Glycol yang berlebih untuk menaikkan titik didih. 
RC1 adalah produk kami yang telah teruji tidak mengakibatkan kerak dan karat pada radiator serta mampu melumasi metal agar terhindar dari Liner Pitting (keretakan yang di akibatkan oleh suhu tinggi) dan tidak bereaksi terhadap bahan yang terbuat dari karet. RC1 juga dapat melumasi pompa air pada radiator. RC1 juga mengandung sodium nitrit yang dapat mengurangi proses karat berlanjut. dan sodium mercaptobenzothiasole yang berfungsi sebagai pemisah kotoran mineral ( kerak ) dari metal, sehingga kerak tidak akan menumpuk pada besi radiator dan akan terbuang sewaktu mengganti air radiator.



Kesimpulan : 
  1. Jangan menggunakan air ledeng biasa pada radiator mobil anda, sebab air ledeng biasa bersifat oksida dan  dapat menimbulkan karat.
  2. Gunakan RC1 yang dicampur dengan air suling untuk hasil yang maksimal.
  3. Biasakanlah mengganti air radiator selama maksimal 6 bulan sekali atau 15.000 km
  4. Radiator coolant yang baik ialah yang tidak menimbulkan kerak dan karat serta tidak merusak bahan yang terbuat dari karet.
  5. Penggunaan RC1 berfungsi sebagai pencegah karat dan penekanan skala untuk menjaga mesin radiator tetap bersih dan bebas dari panas yang berlebihan, mengurangi waktu kerja dan menekan biaya perawatan hampir 75%. By alamanda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar